Penyebab Autism

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Autis   Penyebab autis hingga saat ini belum dapat dipastikan dengan pasti, karena masalah ini belum dapat terpecahkan para ahli. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak. Biasanya gejala ini dapat dikenali saat anak berusia tiga tahun. Hal ini biasanya terlihat dari cara anak berkomunikasi dan bermain.
Meskipun belum diketahui secara jelas mengenai faktor penyebab autis pada anak, namun para ahli menduga beberapa faktor berikut ini bisa memicu terjadinya autis:
Faktor genetik
Faktor ini bisa menjadi penyebab kuat terjadinya autis pada anak. Misalnya salah satu anggota keluarga memiliki riwayat autis maka peluang anak atau keturunan selanjutnya terkena autis lebih besar. Kondisi ini disebabkan gangguan gen yang memiliki peran penting untuk perkembangan, pertumbuhan dan membentuk sel-sel pada otak.
Faktor orangtua
Penelitian meyebutkan, kehamilan yang terjadi ketika wanita berusia cukup tua bisa menjadi penyebab autis pada anak. Hal ini diduga karena terjadinya faktor mutasi gen yang terjadi dalam rahim sang ibu.
Faktor obat-obatan
Ibu yang sedang hamil namun mengonsumsi obat-obatan seperti mengatasi rasa mual, muntah, ataupun penenang dapat berisiko untuk memiliki anak autis. Hal ini disebabkan kandungan obat yang dikonsumsi sangat berpengaruh kepada bayi, maka dari ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi obat-obatan saat hamil terlebih tanpa resep dokter.
Faktor lingkungan
Faktor lain penyebab autis pada anak adalah lingkungan. Ibu hamil yang tinggal di lingkungan kurang baik dan penuh tekanan, tentunya berisiko pada janin yang dikandungnya. Selain itu lingkungan yang tidak bersih juga dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan.
Faktor makanan
Makanan yang mengandung zat kimia tetunya sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Misalkan mengonsumsi sayuran mengandung pestisida, maka akan berisiko melahirkan anak autis. Peneliti memaparkan bahwa pestisida dapat mengganggu fungsi gen pada saraf pusat.
   Meskipun belum diketahui secara jelas penyebab autis pada anak secara pasti, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk selalu menjaga bayi selama masih dalam kandungan. Cegahlah dengan rutin memeriksakan kesehatan kehamilan ke dokter kandungan atau bidan langganan.