Perlukah Anak saya Sensori Integrasi

Seperti biasanya, kalau nemu artikel menarik, bunda copy disini aja ya. Jadi kapan saja butuh panduan dari artikel ini, nggak usah tanya-tanya ke om google terus. Bunda nemunya dii : cyberwomen[dot]cbn[dot]net


Perlukah Terapi Sensori Integrasi Untuk Anak Saya

Mother And Baby Wed, 26 Jun 2002 13:35:00 WIB Nirmala,06/IV/Juni 2002

Pahamkah Anda mempunyai lebih dari lima indra? Selain mata hidung, lidah, telinga, serta kulit sebagai indra yang merespon rangsangan dari luar tubuh (misalnya berupa, sinar, bau-bauan, rasa makan suara dan sensasi kasar-halus dan sebagainya) Sebenarnya sejak lahir manusia dilengkapi dengan indera dekat yang bertugas menerima rangsangan yang datangnya dari dalam tubuh sendiri. Dalam buku The Out of Sync Child, Carol Stock Kranowitz, MA. dari Bethesd-Maryland, menjelaskan indera dekat kita itu adalah:

Indera Vestibular:
Indera ini terletak dalam telinga bagian dalam. Lewat reseptor ini kita kana diberitahu bagaimana posisi kita diatas permukaan bumi ini. Apakah kita sedang bergerak atau diam;seandainya bergerak, kearah mana gerakan itu, berapa kecepatanya dan sebagainya.

Indera Proprioceptive
Berasal dari bahasa latin, Proprio yang berarti milik sendiri, karena reseptor yang terdapat dalam otot ini, maka persendian dan jaringan ini ini akan menginformasikan ke otak perihal posisi badan dan gerakan yang dikerjakan, termasuk juga kekuatan.

Indera Tactile:
Sistem reseptor yang terdapat pada kulit disekujur tubuh ini berperan paling besar dalam menentykan kondisi fisik dan mental setiap individu. Setiap orang sejak bayi dan seterusnya selalu membutuhkan rangsangan tactile untuk tetap bisa beradaptasi dan berfungsu secara normal dalam lingkungan alam semesta. Lewat indera ini otak akan diberi tahu tentang rasa makanan enak, nyeri, panas-dingin, kasar halus, tekanan, getaran maupun gerakan.

Menurut A, Jean Ayres, Ph.D seorang ahli terapi okupasi Amerika Serikat yang selanjutnya dikenal sebagai penemu sensori integrasi pada tahun 1970-an. Seperti yang dikutip Carol Stock Kranowitz, MA. menjelaskan bahwa indera dekat, yaitu vestibular-taktile, dalam perkembangannya anak mengalami pematangan lebih dulu dibanding panc indera. Jadi indera dekat ini sifatnya lebih mendasar, fundamental. Bila indera dekat ini bisa berfungsi secara otomatis dan efisien, maka dalam perkembangannya seorang anak akan memiliki penglihatan, pendengaran, perhatian serta mampu beradaptasi secara baik dengan dunia sekitarnya.

Setiap detik otak menerima informasi dari berbagai reseptor tubuh; jumlahnya mencapai ribuan, bahkan jutaan. Untuk bisa merespon rangsangan ini secara berarti dibutuhkan otak yang handal, artinya mampu menerima rangsangan, mengolah, memilih rangsangan yang boleh diacuhkan dan boleh diabaikan. Proses ini diakhiri dengan tindakan respon disertai evaluasi apakah respon ini sudah dilakukan dengan sempurna. Coba Anda bayangkan, proses ini berlangsung sangat cepat dan seolah otomatis dalam sistem indera kita.

Rangkain proses menerima, mengolah dan selanjutnya memberi respon inilah yang disebut dengan sensor integrasi.

Anak mengalami disfungsi integrasi?

Otak yang memiliki sensor integrasi yang efisien tak akan sulit menerima, mengolah dan merespon rangsangan yang masuk ke otak. Otak akan akan selalu mencari rangsangan atau sensasi yang diperlukan untuk dapat berkembang.

Saat bayi baru lahir, dia baru menerima rangsangan dari indera terdekatnya yaitu indera vestibular-proprioseptive-taktile. Dari situlah bayi merasakan kalau tubuhnya diangkat atau diayun. Lewat indera tactile bayi bisa merasa nyaman saat dipeluk atau saat ia mengisap susu ibunya; baru kemudian bayi mendapat informasi mengenai wajah, benda-benda sekitarnya melalui penglihatan. Dengan kondisi otak yang normal, bayi akan berkembang terus untuk mendapatkan sensasi pada indera vestibular dan proprioseptive yang lebih banyak.

Lewat proses ini bayi belajar menggerakkan anggota tubuhnya; dia mulai berguling, merayap dan merangkak. Bayi juga mulai mencari-cari suara yang memanggilnya;dia mulai belajar bersuara, belajar berkomunikasi secara verbal (berbicara), membedakan bentuk, warna serta ukuran. Melalui integrasi gerakannya anak mulai mampu menyusun balok, meronce, menggunting, lalu menulis. Anak juga selanjutnya juga bisa berlari, melompat, memanjat, naik sepeda, yang semua itu meliputi kemampuan koordinasi gerak, keseimbangan tubuh serta perencanaan gerakan.

Anak serasa bermain
Dalam terapi sensori integrasi. Pada tahap awal seorang terapis akan melihat, mengevaluasi problem sensori yang dialami setiap anak. Selanjutnya secara individual akan dibuatkan menu terapi sesuai dengan kebutuhan anak. Nah, memasuki sebuah ruangan terapi SI seolah Anda memasuki arena bermain.

Disitu tersedia berbagai peralatan bermain yang semuanya sudah didesain secara khusus dengan fungsi, bentuk, bahan warna yang sudah memenuhi standart tertentu untuk mengasah sensori integrasi. Seperti yang terlihat diklinik Efrata dibilangan Kepak Duri, Jakarta Barat. Dalam ruang seluas sekitar 75 meter persegi itu tersedia kolam bola, balok-balok titian berbagai bentuk. beberapa ayunan, trampolin, titian keseimbangan, tangga, balok-balok panjat, bentangan kain lycra, alat luncur/scoter, matras untuk menghindari benturan, bantal-bantal besar yang berfungsi merangsang kontrol gerakan anak.Ruang ini dilengkapi dengan taman yang dilengkapi dengan taman yang dirancang dengan permukaan gradasi dari halus sampai kasar untuk merangsang sensori tactile telapak kaki.

Selain membawa si anak terapi SI yang dilakukan di klinik dengan ajdwal yang sudah teratur, semestinya juga para orangtua juga bisa melanjutkan ataupun menyelenggarakan terapi tersebut di rumah, meski dengan peralatan yang sederhana bahkan dengan modifikasi sendiri. Kreatifitas orangtua tentu sangat diharapkan dengan dalam membentuk tim terapis yang kompak di rumah untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus mereka.

Ini dituturkan oleh Dra. Irma Kuntohadiprojo, Pimpinan Sekolah Pribadi Mandiri, sebuah sekolah khusus untuk remaja yang banyak menerapkan sistem terapi sensori integrasi dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya: sebelum memulai kegiatan belajar di dalam kelas, selama 10 menit murid-murid melakukan relaksasi dengan cara berbaring dengan posisi tertentu (tengkurap sambil kepala dihadapkan secara bergantian ke dua arah) di atas matras. Ini dilakukan untuk melatih konsentrasi dan melepas stres. Selama 10 menit selanjutnya murid-murid melakukan senam otak (Brain Gym) yang dalam 3 minggu sekali gerakannya akan diganti.

Dengan demikian diharapkan anak-anak lebih siap belajar, otaknya lebih siap menerima rangsangan, ujar Irma. Dalam mata ajaran ketrampilan memasak misalnya, dijadwalkan membuat kue dalam bentuk bulat. Disitulah ajang mengasah sensori tactile pada telapak tangan, motor planning (dengan memutar-mutar kedua tangan secara seimbang dengan tekanan tertentu), dan dalam suasana yang menyenangkan bersama teman-teman.

Ada yang usul pakai sendok makan, agar tangannya tak kotor, ada yang sebentar-sebentar cuci tangan karena merasa tak bisa belepotan, namun guru pengawas yang juga menjadi teman bermain akan memintanya menggunakan kedua telapak tangan. Disitu bisa terlihat bagaimana kemampuan sensori anak, ada yang berhasil membentuk bulatan bagus, ada yang gepeng tak bisa bulat, bahkan ada yang sama sekali tak bisa terbentuk bulatan, lanjut Irma.

Beberapa Contoh aktivitas untuk melatih sensori anak di rumah
  1. Main tebak huruf dan angka
    Dengan menggunkaan jari telunjuk, coba buatlah bentuk angka atau huruf di punggung anak. Tentu saja , huruf ataupun angka tersebut sudah dikenal oleh anak Anda sebelumnya. Minta anak Anda menebak bentuk yang Anda buat. Latihan ini baik untuk merangsang tactile pada kulit punggung.
  2. Tangkap teman
    Masukkan beberapa mainan anak ke dalam kotak bekas ataupun ember plastik. Pilih beberapa benda yang variatif, misalnya kelereng, mobil-mobilan, tali sepatu, sikat gigi, boneka kain, bintang-bintang plastik, dadu. Mintalah anak meraba dan memilih satu benda tanpa ia harus melihatnya. Kemudian minta dia menebak, kira-kira, siapa teman yang dia pegang. Latihan ini baik untuk merangsang integrasi tactile jari-jari.
  3. Berayun asyik
    Ambil selimut tebal yang masih kuat. Pegang masing-masing ujungnya oleh 2 orang dewasa, lalu mintalah anak Anda naik. Selanjutnya perlahan-lahan angkat selimut tersebut dan mulailah diayun. Mulailah dengan ayunan perlahan. Latihan ini baik untuk merangsang integrasi vestibular.
  4. Porter jagoan
    Biasakanlah anak Anda mengangkut keranjang cucian (dicoba dengan beban yang tidak terlalu berat) misalnya memindahkannya dari kamar mandi ke tempat cuci.. Atau cobalah melatihaknya dengan membawa barang belanjaan ANda dari supermarket. Pilih barang-barang yang tidak mudah pecah. Bisa juga setiap pagi dilatih untuk menyandang sendiri rngsels ekolah di punggungnya. Latihan ini baik untuk integrasi sensori proprioseptive.
  5. Kursi T
    Mintalah bantuan pada tukang kayu (atau mau mencoba sendiri) untuk emmbuat kursi T. Yaitu dua balok kayu berukuran 40 X 15 X 10 cm. Pasang dua balok tersebut. Bisakanlah anak duduk secara teratur misalnya selama 10 menit diatas huruf T ini. Sebagai huruf T, rekatkan dengan kuat dengan memakunya. Latihan sesering dan selama mungkin. Dengan dududk diatas kursi T, anak akan dilatih kepekaanya pada keseimbangan dan kemampuanya memperhatikan sesuatu.
Contoh disfungsi Sensori Integrasi

  • Anak tampak malas bergerak
  • Keseimbangan tubuh kurang baik, sering jatuh
  • Anak sering berjalan jinjit, berputar-putar atau meloncat-loncat
  • Sering terbalik dalam menulis atau membaca huruf atau angka (misalnya huruf b atau d, angka 6 atau 9)
  • Sering memukul meja atau tembok
  • Bila menulis tekananya terlalu kuat
  • Suka menggigit atau memainkan sesuatu
  • Sulit menerima aktivitas baru
  • Menolak menginjak rumput, pasir atau kerikil