Program Motorik Okupasi Terapi

Program Motorik Pelaksanaan program ini meliputi berbagai komponen sebagai berikut;
1. Kematangan reflek;Pasien dilatih untuk mematangkan reflek primitif dan integrasi sensori.
2. Range of Motion (Lingkup Gerak Sendi);Pasien dilatih untuk dapat menggerakan semua sendi dalam batas normal.
3. Muscle tone (tonus otot), kekuatan, dan endurance (daya tahan);Pasien dilatih untuk dapat memperoleh kembali tonus yang normal, meningkatkankekuatan otot,serta meningkatkan durasi ketahanan otot.
4. Kontrol postural;Pasien dilatih untuk dapat mempertahankan posisi dan kelurusan dari kepala, leher, trunk dan kelurusan ekstremitas saat dilakukan reaksi equilibrium.
5. Perkembangan motorik kasar;Pasien dilatih untuk dapat melakukan gerakan motorik kasar seperti; berguling, duduk, berdiri, berlari, skipping, loncat dll.
6. Koordinasi motorik kasar;Pasien dilatih untuk menggunakan group otot yang besar untuk mengontrol gerakanseperti bilateral standing, reciprocal leg movement dalam bersepeda, melempar bola, danmenangkap bola.
7. Koordinasi motorik halus; manipulasi, dan ketangkasan;Pasien dilatih untuk dapat mengontrol gerakan seperti; mengambil pulpen, menulis surat,memutar mur dan baut.8. Hand Skills;Pasien dilatih untuk dalam melakukan dan mempertahankan fungsi tangan dalam hal polamemegang (grasp pattern)